SPACE FOR ADS

Breaking

Senin, 19 Agustus 2019

Hasil Lomba Gerakan Literasi Sekolah Melalui Blog

Lomba Gerakan Literasi Sekolah Melalui Blog diadakan oleh divisi Litbang GTK dalam rangka menyemarakkan HUT RI ke-74, HUT SMK Negeri 6 Malang ke 16 dan mewujudkan Budaya Literasi Sekolah. Lomba ini diikuti oleh 21 kelas X dari 24 kelas X yang ada. Perlombaan dimulai pukul 13.00 WIB dan berakhir pukul 16.00 WIB. Meskipun terkendala dengan 1 ruang lomba yang tidak terkoneksi ke internet, perlombaan dapat berjalan dengan lancar. Media blog adalah media yang baru dikenal oleh para walikelas X dan peserta didiknya sehingga ada sedikit kelambanan dalam mengerjakannya. Meskipun begitu mereka tetap semangat dalam mengikuti jalannya perlombaan.


Sesuai dengan syarat dan ketentuan, masing-masing kelas harus mengirimkan 1 tim yang terdiri dari walikelas dan 3 peserta didiknya. Nama anggota tim harus ditampilkan pada daftar kontributor/penulis blog kelas. Selain syarat dan ketentuan yang harus dipenuhi, ada juga beberapa kriteria yang sebaiknya dipenuhi.


Hasil lomba dinilai secara online oleh juri. Juri terdiri dari 5 juri penilai substansi tulisan dan 5 juri penilai visualisasi desain dan tata letak.
Kriteria substansi tulisan: kesesuaian antara judul dan isi tulisan, penggunaan tata kalimat, penerapan Ejaan Yang Disempurnakan (EYD), penggunaan tanda baca dan tata tulis, serta pesan moral yang tersurat dan tersirat dalam tulisan.
Kriteria visualisasi desain dan tata letak: visualisasi teks, penggunaan foto dan atau video pendukung, dan visualisasi templat blog.
Dari 2 kriteria tersebut penilaian dititikberatkan pada kriteria substansi tulisan karena yang dilombakan adalah segi literasinya. Perbandingan kriteria substansi tulisan : kriteria visualisasi desain dan tata letak = 6 : 4.
Penilaian pertama kali dilakukan pada pemenuhan syarat dan ketentuan lomba. Jika memenuhi syarat dilanjutkan dengan pemeriksaan kriteria lomba dan yang terakhir adalah penilaian oleh dewan juri.
Dari hasil penilaian dewan juri dan pemenuhan persyaratan lomba, maka ditetapkan sebagai berikut:

  • Bidang Keahlian Teknologi & Rekayasa
  • Bidang Keahlian Teknologi Informasi & Komputer
Demikian penetapan juara lomba Gerakan Literasi Sekolah melalui media blog oleh panitia.



1 komentar: